belajar ukulele itu gampang lho..!!!

jadi ceritanya dulu saya pengen belajar ukulele sekitar beberapa taun lalu dan sampe sekarang juga belum jago karena emang ngga fokus heheheh tapi minimal saya tau harus gimana untuk mulai belajar ukulele..

awalnya saya mau cari uke di toko tapi pengen yang bagus sekalian akhirnya beli punya orang yang hasil custom meskipun bekas.. dan ketika uke itu tiba pada siang hari yang panas saya pun langsung buka2 inet buat belajar stem.. dan berhasil..

butuh waktu 2 jam buat saya belajar nyetem pertama kali dengan bantuan internet dan kesini2 ya jadi inget lah gimana cara nyetem tanpa bantuan dari luar..

setelah bisa nyetem saya pun cari2 info lagu apa yang bisa saya pelajari maka lagi2 saya internetan dan nemu vidio yutub yang bikin saya tertarik.. kebetulan saya belum gitu hapal chord meskipun sudah punya tabelnya.. maka dengan niat belajar saya pun liatin itu jari2 pemaen uke di yutub.. huheuehuehuu..

beberapa hari latihan lagu itu2 aja ga apa2.. kemudian saya cari2 chord gitar buat lagu populer bahasa lokal ternyata sama aja jika dimainkan dengan uke.. yaudah saya koleksi deh beberapa chord lagu yang saya suka dan mulai maen2 sambil inget2 chord..

***

kesini2 saya hapal chord dasar mayor dan minor.. chord2 lainnya saya ngga hapalin karena emang kebanyakan lagu cuma maen di mayor dan minor.. kadang melenceng naik atau turun 1/2 nada tapi itu gampang tinggal geser grip aja maju atau mundur..

setelah itu sayapun belajar cari2 chord sendiri karena ngga semua lagu ada chordnya di internet dan juga emang harus berkembang bukan begitu..???

karena sering denger lagu dangdut maka saya belajarnya ya lagu2 dangdut aja hueheuheuheuh.. yang penting asik sendiri aja.. kadang2 uplod yutub juga dan dapet thumbdown gapapa huehuehueheuh..

terakhir kemarin uke custom yang saya beli 2 taun lalu itu saya capo dengan bahan seadanya supaya suaranya lebih enak didengar sebab ukurannya emang ga standar sopran seperti uke biasa sehingga suara yang dihasilkan juga lain.. dan setelah dicapo ya saya maen lagi deh huehuehueheuhuhe..

mari maen uke..

Posted in ukulele | Tagged , , , , | Leave a comment

tentang chord ukulele

chord..

menurut wikipedia adalah harmonisasi yang terjadi antara 2 atau lebih nada/not.. tapi kalo baca yang dalam bahasa indonesianya katanya minimal 3.. yang bener menurut saya adalah yang english.. bukan berarti yang bahasa indonesianya salah tapi kurang tepat.. jadi kalo satu nada doang itu not atau note dalam basa linggis.. kalo dua atau lebih jadilah chord/akord

nah di semua alat musik melodis itu ada chordnya.. termasuk ukulele..
lalu apa bedanya..???

sebetulnya tujuan semua alat musik itu sama.. dan chordnya juga.. adalah untuk menghasilkan bunyi atau suara yang harmonis.. tapi yah caranya beda2 dikit lahhh..

nah dengan teori diatas,, bisa saya simpulkan bahwa semua chord adalah kompatibel.. apalagi kalo jenis alat musiknya sama.. misal ukulele dengan gitar.. chord gitar dan chord uke harusnya menghasilkan beberapa nada yang sama tetapi dikarenakan senar ukulele yang cuma 4 dan ukuran yang juga berbeda maka hasilnya pasti lebih nyaring.. tetapi balik lagi dikarenakan tujuannya sama maka itu kompatibel..

haduh pusing sendiri saya..

intinya adalah..
kalo saya kesulitan cari chord lagu buat ukulele maka saya akan cari chord gitarnya di internet.. heu heu heu..

gitu aja dulu deh.. kekekek susah juga neranginnya.. kalo emang ga ngerti boleh kontak saya di ym: tonosaur_x atau di pesbuk

Posted in ukulele | Tagged , , , , , , , | 2 Comments

cara stem ukulele yang baik dan benar dan bagus dan keren

okeh ini adalah tulisan yang ga jadi2 padahal niatnya udah lama tapi ngga juga dibuat2 hehe..

saya akan ngajarin (kalo bahasa sopannya itu sharing) cara nyetem uke yang bener dan bagus dan keren.. wakakakakka heheh gw becanda ya jangan ada yang tersinggung gw juga belum mahir maen kok..

pertama2 alat yang diperlukan adalah ukulele..
kedua adalah niat mudah2an kita semua punya ini..
ketiga adalah anggota tubuh.. utamanya kedua tangan lengkap dengan jari2 dan juga sepasang telinga.. tanpa ini akan sangat sulit sekali nyetem ukulele..
alat2 tambahan bisa pake gitar atau piano atau suling atau internet atau alat bantu stem yang mungkin sepertinya akan rada susah nyari lokalan..

okeh langsung saja.. buat yang sudah pandai nyetem gw ga akan kasitau caranya soalnya buat apa ngasih tau pada yang udah bisa..??? percuma saja.. kecuali bagi anda2 yang mau belajar nyetem silakan baca tulisan ini sampe habis bis bis.. tapi ga ada yang larang sih mau apa juga hehe..

oiya saya pake uke standar ya.. ga dimacem2

1st of all kita butuh patokan nada dasar.. kalo ada alat musik melodis lain kita bisa pakai itu.. kalo ga punya silakan cari bantuan di inet.. atau kalo benar2 ga ada modal bisa juga pake suara kita sendiri.. yang kita butuhkan adalah patokan nada C alias do.. langkah ini buat kalibrasi juga boleh.. sebab apabila kita maen duet uke atau dengan diiringi alat musik laen kan harus ada standar.. harmonis gitu..

okeh dari situ cocokin nada pada senar C juga.. setelah itu silakan ikuti gambar dibawah ini..

uke-tune

senar C kalo diteken pada fret 4 akan menghasilkan nada E atau mi.. trus carilah nada G dengan menekan senar E di fret 3 dan nada A dengan menekan senar G di fret 2.. udah gitu selesai deh.. didapatlah stem standar GCEA pada uke anda..

kalo udah selesai dan ga pales harusnya bisa dapet nada doremifasolasido pake ukulele.. setelah itu silakan dimaenkan tuh uke jangan dibanting2 yaaa..

oiya sekarang jaman makin canggih banyak cara yang lebih mudah untuk bantu nyetem seperti ada alat stem yang ditiup itu apa namanya heuheuheueh trus ada juga aplikasi smarphone yang bisa bantu.. tapi klo saya bilang masa sih maen alat musik ga bisa nyetem manual..??? pls deh kekekekek..

Posted in ukulele | Tagged , , , , , , , , , , , | 53 Comments

ukulele chords..

ukulele chords..

inilah tabel chord/grip/kunci buat ukulele.. ada 2 tabel yang saya pakai sebagai referensi dan dari kedua tabel tersebut ada beberapa yang beda.. kalo kurang cocok suaranya maka saya akan ambil salahsatu dari yang lain.. jadi saling melengkapi lah..

allchords

ini tabel satu..

chart1

chart2

dan itu tabel 2.. (terdiri dari 2 gambar)

saya dapet dari internet lupa di mana..

Posted in ukulele | Tagged , , , , , | 14 Comments

about ukeindo..

Blog ini sengaja saya buat untuk hobi saja.. mengenai Ukulele dan Indonesia.. dan pastinya akan berbahasa Indonesia..

hehe..

Posted in ukulele | Tagged , , | 2 Comments

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Posted in Uncategorized | 1 Comment