cara stem ukulele yang baik dan benar dan bagus dan keren

okeh ini adalah tulisan yang ga jadi2 padahal niatnya udah lama tapi ngga juga dibuat2 hehe..

saya akan ngajarin (kalo bahasa sopannya itu sharing) cara nyetem uke yang bener dan bagus dan keren.. wakakakakka heheh gw becanda ya jangan ada yang tersinggung gw juga belum mahir maen kok..

pertama2 alat yang diperlukan adalah ukulele..
kedua adalah niat mudah2an kita semua punya ini..
ketiga adalah anggota tubuh.. utamanya kedua tangan lengkap dengan jari2 dan juga sepasang telinga.. tanpa ini akan sangat sulit sekali nyetem ukulele..
alat2 tambahan bisa pake gitar atau piano atau suling atau internet atau alat bantu stem yang mungkin sepertinya akan rada susah nyari lokalan..

okeh langsung saja.. buat yang sudah pandai nyetem gw ga akan kasitau caranya soalnya buat apa ngasih tau pada yang udah bisa..??? percuma saja.. kecuali bagi anda2 yang mau belajar nyetem silakan baca tulisan ini sampe habis bis bis.. tapi ga ada yang larang sih mau apa juga hehe..

oiya saya pake uke standar ya.. ga dimacem2

1st of all kita butuh patokan nada dasar.. kalo ada alat musik melodis lain kita bisa pakai itu.. kalo ga punya silakan cari bantuan di inet.. atau kalo benar2 ga ada modal bisa juga pake suara kita sendiri.. yang kita butuhkan adalah patokan nada C alias do.. langkah ini buat kalibrasi juga boleh.. sebab apabila kita maen duet uke atau dengan diiringi alat musik laen kan harus ada standar.. harmonis gitu..

okeh dari situ cocokin nada pada senar C juga.. setelah itu silakan ikuti gambar dibawah ini..

uke-tune

senar C kalo diteken pada fret 4 akan menghasilkan nada E atau mi.. trus carilah nada G dengan menekan senar E di fret 3 dan nada A dengan menekan senar G di fret 2.. udah gitu selesai deh.. didapatlah stem standar GCEA pada uke anda..

kalo udah selesai dan ga pales harusnya bisa dapet nada doremifasolasido pake ukulele.. setelah itu silakan dimaenkan tuh uke jangan dibanting2 yaaa..

oiya sekarang jaman makin canggih banyak cara yang lebih mudah untuk bantu nyetem seperti ada alat stem yang ditiup itu apa namanya heuheuheueh trus ada juga aplikasi smarphone yang bisa bantu.. tapi klo saya bilang masa sih maen alat musik ga bisa nyetem manual..??? pls deh kekekekek..

About tonosaur

hhhmm..
This entry was posted in ukulele and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

41 Responses to cara stem ukulele yang baik dan benar dan bagus dan keren

  1. Ibnuharjo says:

    Senar atas g apa e bro?

  2. ane tuning pake g-strings di Android, bro. Instan sih, biar cepet aja, hehe.. Tapi kalau mau ngelatih kepekaan nada, cara manual ini emang bisa membantu.

  3. ardo says:

    kalau kentrung senar 3 tuningnya gimana gan ??

  4. dev says:

    kentrung senar 3 gimana ?

  5. Pingback: belajar ukulele itu gampang lho..!!! | ukulele & indonesia

  6. Rebabo says:

    Wah mantab gan, lanjutkan
    Btw, apa sih gan tipsnya kalau ukulelenya nggak nyaring?
    Kutunggu jawabanmu and blogwalking

  7. ikhsan says:

    thanks…

  8. anggoro saputra says:

    makasih ya

  9. aheng Zhow says:

    Bro, kalau menyetelny dgn menekan senar G fret 2 kan nadany lalu di sama kan nadany dengan senar A. Lalu senar C ditekan pd fret 4 kan bernada E lalu disamakan nadany senar E
    Kalau gitu bisa ƍ⪪ bro…

  10. sef says:

    ga ngertii..

  11. Whawanstia says:

    Sip Gan …. Ane brhasil Ny0banya dan bagus ^_^

  12. Whawanstia says:

    Sip Gan …. Ane brhasil Ny0banya dan bagus hasilnya ^_^

  13. riko says:

    keran gan

  14. sultan says:

    setorr

  15. Path Biku says:

    Maaf,,,skedar tambahan,klo gue nyetel biasanya dari senar G (senar 4) di fret ke 5=nada senar di bawahnya(snar 3), pd snar 3 di fret ke 4 = nada senar 2, pd senar 2 fret ke 5 = senar 1, tu aj…. maaf bukan mengajari, skedar tambahan.

  16. Andi says:

    Kalok akplikasi buat cara stem di hp smarphone namanya apa ya gan

  17. Mortheza says:

    .nama nya gitar tuner …
    Tapi tetep susah gan stem yg gampang n palinq baik itu di sini gan
    chenkho.blogspot.com

  18. bro senar satu mana senar 4 mana??? jadi bingung gmana nyetemnya

  19. Andhika Pri Utomo says:

    Saya baru pemula kya mna cra memainkan ukulele 4senar …..

  20. agus says:

    mau nanya senar yang bagus make apa sih ? setiap di fret4 ke empat fret nya fals semua T_T pen pgt ane banting ni kentrung

  21. kevin says:

    saaya baruuu pemula , masih bingung cara mainnya

  22. Tangguh says:

    Kalau kentrung senar 3 urutan senarnya dari atas ke bawah gmna Gan?

  23. Iskandar says:

    fret tu ap brow…?

  24. aku stem pake alat aja ga bsa2 xixixi

  25. imam says:

    bingong

  26. Cewek says:

    boleh kesini ngaak bantuin saya nyetem soalnya udah kestem diputer2 temen jadinya jelek.pengen banting ukulele T_T

  27. acil style says:

    gmna cara main nya??

  28. Hadi saputra says:

    makasih ya bro udah kasih tips nya

  29. yeskithok says:

    keren by yeski

  30. Denis r says:

    Mantep gan jadi bisa main ukulelenya. doakan semoga mahir mainya ya

  31. roynaldi says:

    Bang senar pertama dari atas g apa a ya?

  32. Ngadi_Min says:

    senar 3 dr bawah E4-B3-G5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s